Menjadi Kader Aktiv Meski di Tengah Badai Covid-19

Info Rayon Sakera - Mengawali tahun 2020 ini, masyarakat dunia termasuk Indonesia bersama-sama menghadapi perang melawan mahluk mikroorganisme bernama virus Corona. 

Sejatinya, istilah Pandemi sendiri baru ditetapkan oleh WHO atau Badan Kesehatan Dunia milik PBB ini, ketika melihat bahwa virus bernama Covid-19 sudah menginfeksi lebih dari ratusan negara dengan jumlah kasus jutaan jiwa di seluruh dunia. 

Menilik dari peristiwa ini, sebenarnya tidak ada keterkaitan antara masalah virus dengan dunia aktivis. Iya, betul virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 ini bukanlah objek yang harus dimintai klarifikasi untuk apa yang terjadi. Bukankah kewajiban dari seorang aktivis atau kader-kader militan PMII untuk menciptakan keadilan dan menemukan titik terang. Namun, mari bersama kita renungkan hal kecil apa yang mampu membantu dalam menyudahi perang melawan Covid-19. 

Sebagai seorang kader PMII, kita bisa melakukan beberapa hal berikut, seperti:
Ikuti anjuran #stayathome atau #workfromhome agar memutus mata rantai penyebaran. Tentu ini bukan berarti diisi dengan kegiatan rebahan, makan, tidur dan berbagai kegiatan tidak produktif lainnya ya. Kita malah diberi ruang untuk lebih menikmati kebersamaan dengan orang-orang terkasih di rumah selama masa pandemi berlangsung. Jadi hargai momennya ya! Sebelum kembali turun ke jalan.

Kader PMII tentu punya jiwa baca dan menulis yang tinggi dong! Ini waktu yang tepat agar Kader PMII menyelesaikan buku-buku yang belum sempat dibaca atau tulisan yang belum sempat terselesaikan untuk segera dirampungkan. Terlebih lagi, bulan ini PMII akan memperingati Harlah ke 60 tahun. Jadi, harus lebih keras lagi ya menciptakan budaya literasi yang kuat bagi setiap jiwa muda kader PMII. Sebagai cerminan bahwa kita bukan hanya mampu turun ke jalan tapi juga mampu secara intelektual.

Kader PMII harus ikut ambil peran dalam setiap upaya baik yang dilakukan baik dari tingkat Rayon, Komisariat, Cabang hingga PB untuk ikut menyuarakan perang melawan Covid-19. Ingat! Berfikir kritis dan solutif harus tetap diasah dan dipertahankan meski ditengah keterbatasan dalam bersuara. Apa yang dianggap baik dan bermanfaat harus kita bantu suarakan.

Terakhir, lakukan kegiatan-kegiatan positif dan coba hal-hal yang baru ya. Lakukan hobi lama ataupun hobi baru dan tekuni lebih dalam. Itu tadi beberapa tips agar tetap aktif meski di tengah keterbatasan lewat pemberlakuan social distancing.

Pada intinya, menjadi Kader PMII itu bukan hanya menjadi aktivis yang pintar berorasi, berani membangun relasi dan menghadapi mimbar diskusi. Lebih dari itu, kita punya peranan untuk ikut melindungi negeri ini dari berbagai masalah. Keep healthy and stay positive sahabat! Ingat dirumah aja dulu ya!

_______
Penulis :  Septiani Puspita Dewi Rahayu
Publisher : Tim LSO

*) Penulis adalah anggota Rayon Persiapan Sakera