,

Mengenal Hisbullah Huda, salah satu Pendiri PMII



Info Rayon Sakera -
PMII atau Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia merupakan salah satu organisasi ekstra kampus yang memiliki anggota militan dan loyal. Lahir dari rahim NU tak lantas membuat PMII terkekang.

Namun, sebaliknya PMII mampu eksis dan terus mengembangkan pengaruhnya sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan yang hadir di beberapa orde pemerintahan. Lahir dan terbentuk di Jawa Timur tepatnya di Surabaya pada 17 April 1960 PMII diprakarsai oleh mahasiswa pada saat itu.

Salah satunya adalah Hisbullah Huda. Mungkin namanya tidak sementereng para pendiri lainnya. Namun, pria asli arek Suroboyo ini ikut ambil peran dalam membesarkan PMII.

Hisbullah huda juga salah satu orang yang ada dalam upaya PMII membentuk organisasi yang berwawasan kebangsaan dan keislaman. Lahir di Jember pada 19 Oktober 1934, pria beragama islam ini bertempat tinggal di Surabaya tepatnya di Jalan Raya Darmo no. 153.

Beliau tercatat sebagai salah satu ketua PW GP Ansor Jatim 1967-1978, mantan anggota DPR RI, serta mantan DPW PPP Jatim. Tercatat beliau juga ikut aktif dalam beberapa kegiatan-kegiatan Nahdliyin lainnya.

Hisbullah Huda juga aktif dalam menyuarakan tegaknya orde baru. Beliau wafat pada Jumat, 28 April 1955. Namun, jasa dan pengorbanan beliau bersama PMII dan ke-12 rekannya akan selalu harum ditengah kader PMII di Indonesia.

Referensi:

https://pmii.or.id/penghargaan-bintang-sembilan-maha-cipta-pergerakan/

https://www.nu.or.id/post/read/88971/di-balik-kelahiran-organisasi-pmii

Penulis: Septiani Puspita
Publisher: Luk Mini